Minggu, 20 Januari 2013

EKUILIBRIUM ( Keseimbangan Pasar )

1. PENGERTIAN
Ekuilibrium adalah keadaan yang menunjukkan baik Konsumen maupun Produsen telah menyetujui harga suatu barang, yaitu harga yang Konsumen  bersedia membeli untuk sejumlah barang sama dengan harga yang Produsen bersedia menjual untuk sejumlah barang tersebut.

Harga keseimbangan ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran. Penjual dan pembeli biasanya akan selalu mengambil tindakan yang bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara pemintaan dan penawaran. Situasi dimana jumlah penawaran lebih besar dari permintaan disebut dengan surplus. Sebaliknya, situasi dimana jumlah permintaan lebih besar dari pernawaran disebut dengan kekurangan (shortage).

Setelah pasar sampai ke titik ekuilibrium, penjual dan pembeli sama – sama puas dan harga pun tidak akan berubah lagi. Biasanya situasi surplus maupun kekurangan sifatnya sementara, karena pasar akan selalu bergerak kearah titik keseimbangan. Kondisi seperti inilah yang disebut dengan hukum penawaran dn permintaan (the law of supply and demand).

Kita tahu bahwa permintaan dan penawaran tidak selalu tetap, namun selalu berubah – ubah sesuai dengan perubahan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Apabila terjadi perubahan pada faktor – faktor tersebut, maka permintaan dan penawaran juga ikut berubah dan otomatis akan merubah posisi titik ekuilibrium. Jika terjadi peningkatan jumlah permintaan namun jumlah penawaran tetap, maka harga akan naik, sehingga titik ekuilibrium juga bergeser naik. Sementara jika penawaran naik namun permintaan tetap, maka harga akan turun dan mengakibatkan titik ekuilibrium juga turun.


2.  Syarat-syarat Titik Keseimbangan Pasar
Titik keseimbangan pasar bagi barang dan jasa tertentu harus memenuhi syarat sebagai berikut:
    1. Hanya berlaku untuk nilai-nilai (p dan q) yang positif.
    2. Hanya berlaku untuk titik yang memenuhi syarat bagi (sesuai dengan ciri-ciri dari) Kurva Permintaan maupun Kurva Penawaran.
Jadi keseimbangan pasar hanya ada satu.  Walaupun mungkin ada 2 titik potong antara Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran (secara matematis) tetapi hanya ada satu titik potong antara Kurva Permintaan dan Kurva Penawaran, dengan kata lain hanya satu yang berlaku sebagai titik keseimbangan pasar.
3.  Penjelasan Secara Grafis
[untuk sementara belum bisa dilihat, tunggu sampai ada penampakan! Hehehe ...]
  • Keterangan:
  • E  =  Equilibrium [Keseimbangan]
  • D  =  Demand [Permintaan]
  • S  =  Supply [Penawaran]
  • q  =  jumlah pada keseimbangan pasar
  • p  =  harga pada keseimbangan pasar
3.a.  Konsumen dan produsen membuat kesepakatan pada harga pe, di mana konsumen ingin membeli barang sebanyak qe, sehingga terjadi keseimbangan pasar barang tersebut pada titik E (D=S).
3.b.  Pada harga p1, terjadi kelebihan penawaran (excess supply) sebesar q1aq1b, dan menimbulkan kompetisi di antara produsen sehingga akan mendorong turunnya harga barang dari p1 ke pe.
3.c.  Pada harga p2, terjadi kelebihan permintaan (excess demand) sebesar q2aq2b, dan menimbulkan kompetisi di antara konsumen sehingga akan mendorong naiknya harga barang dari p2 ke pe.
4.  Contoh-contoh Soal
4.a.  Jika diketahui barang A mempunyai Fungsi Permintaan  p = q² – 12q + 36  dan Fungsi Penawarannya adalah  p = q² + 2q + 1  carilah titik keseimbangan pasar barang A serta nilai-nilai q dan p yang berlaku bagi permintaan maupun penawaran barang tersebut.
Jawab 4.a. …
4.b.  Tentukan titik keseimbangan pasar dari Fungsi Permintaan barang B  8q + 3p = 49  dan Fungsi Penawarannya  8q = p² – 5, serta tunjukkan secara grafis!
Jawab 4.b. …
  • Mau lagi?  …
  • Enak aja nggak mau!  Kalau pingin bisa, ya kerjain latihannya sampai otak encer dan tangan lemes buat gambar grafik, hehehe …
  • Okelah kalau begitu
4+.  Tentukanlah titik keseimbangan pasar barang tertentu yang Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawarannya dirumuskan seperti di bawah ini, kemudian gambarkan titik keseimbangan pasar tersebut dalam satu diagram serta tentukan pula nilai-nilai q dan p yang berlaku bagi permintaan dan penawaran barang tersebut:
  1. D:  p = 30 – 5q²                          dan  S:  p = 2q² + 4q + 6
  2. D:  (q + 20)(p + 10) = 400    dan  S:  2p = q + 7 
  3. D:  q = 2 - 2p                               dan  S:  q = 2p – 3
  4. D:  (3q + 4)/(2q – 1) = p          dan  S:  p = 2q + 1
  5. D:  p = 2q² – 22q + 60             dan  S:  p = q² + 2q + 1
  6. D:  q = p² – 9p + 20                   dan  S:  q = p² – 1
Fungsi Permintaan, Fungsi PenawaranKeseimbangan Pasar, dan Pengaruh Pajak Dan Subsidi Terhadap Keseimbangan Pasar biasanya hanya diberikan dalam 2 kali pertemuan saja dan hampir pasti keluar di UAS [matrix yang mungkin nggak dikeluarkan, karena sangat jarang aplikasinya dalam perekonomian].  Jadi kalau mau lancar, ya kerjakan latihan soal biar saat UAS langsung tahu langkah-langkah penyelesaiannya, 5 menit juga sudah kelar sampai grafiknya. :)   Kalau nggak begitu, pasti susah menelan soalnya, lama mencernanya, waktu habis, dan lewat deh 1 soal, bahkan bisa lebih.

7 komentar:

  1. jiaaaaah
    songong Lu
    kami disini mau cari penjelasan yg mengarah
    bukan mau ceramahin tolol

    BalasHapus
  2. OBAT PEMBESAR PENIS VIMAX KAPSULCall/sms; 0856 0795 4414
    http://obatkuatpria.hol.es/2014/01/vimax-pills-asli-obat-pembesar-dan-panjang-penis-herbal/
    VIMAX KAPSUL CANADA OBAT PEMBESAR DAN PANJANG PENIS HERBAL
    pembesar penis VIMAX CAPSULE adalah produk herbal alami yang di produksi khusus untuk pria dewasa yang memiliki masalah dengan alat vital kecil dan pendek, sehingga menginginkan penambahan besar dan panjang yang maximal. Alat pembesar penis VIMAX KAPSUL merupakan solusi terbaik cara membesarkan penis, karena vimax capsule sudah terbukti khasiatnya dan nyata hasilnya.
    Sex Shop On Line
    Call Center Hp : 0821 3495 8895
    ( SMS ) 24JAM : 0856 0795 4414
    Pin BlackBerry: 2AC 44 BCA
    www.obatkuatpria.hol.es/


    BalasHapus
  3. kalo gak suka gak usah dibaca pake emosi keuleuusss.. lu pada belum tentu bisa bikin macem gini.

    BalasHapus
  4. songong lo, emang lo kira lo doang yang bisa buat kayak beginian, ngaca dulu deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kali lo bisa yah buat ajak sendiri jangan marah disini lo tuh yang harus ngaca

      Hapus