Ekonomi Mikro

Pengertian Permintaan, Penawaran, Hukum Permintaan dan Penawaran Dan Harga Keseimbangan

Di setiap transaksi perdagangan dalam ekonomi pasti terdapat suatu permintaan (demand), penawaran (supply), harga dan kuantitas  akan suatu barang atau jasa yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Permintaan dan penawaran akan saling bertemu dan akan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang).

-------------------------------------------------------------------------

Faktor-faktor Produksi

Kegiatan produksi tentunya memerlukan unsur-unsur yang dapat digunakan dalam proses produksi yang disebut faktor produksi. Faktor produksi yang bisa digunakan dalam proses produksi terdiri atas sumberdaya alam, tenaga kerja mansuia, modal dan kewirausahaan.



-------------------------------------------------------------------------

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN PENAWARAN
 Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi permintaan terhadap barang dan jasa, antara lain :- Tingkat pendapatan seseorang/masyarakat- Jumlah penduduk

--------------------------------------------------------------------------

Fungsi Permintaan dan Penawaran

A. Fungsi PermintaanFungsi Permintaan adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah suatu barang yang diminta dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

 --------------------------------------------------------------------------

KURVA PERMINTAAN DAN PENAWARAN
Kurva Permintaan
Akibat dari adanya hukum permintaan tersebut kurva permintaan menjadi miring dari kiri atas ke kanan bawah, sehingga kurva permintaan dikatakan mempunyai kemiringan negatif, karena variable – variable yang bekerja dalam pemintaan bekerjanya berlawanan arah
  -------------------------------------------------------------------------

Perbedaan antara Jumlah Diminta dan Perubahan Permintaan

Bedanya Antara Jumlah yang Di Minta dan Perubahan Permintaan :

  • Jumlah Yang diminta terjadi pada satu kurva yang sama. Hal ini di sebabkan karena perubahan Harga Barang itu sendiri
  • Perubahan Permintaan itu seluruh kurva permintaan bergeser bisa ke atas maupun kebawah.

  •  --------------------------------------------------------------------------

    EKUILIBRIUM ( Keseimbangan Pasar )

    1. PENGERTIAN
    Ekuilibrium adalah keadaan yang menunjukkan baik Konsumen maupun Produsen telah menyetujui harga suatu barang, yaitu harga yang Konsumen  bersedia membeli untuk sejumlah barang sama dengan harga yang Produsen bersedia menjual untuk sejumlah barang tersebut.
     ---------------------------------------------------------------------------

    TEORI PRODUKSI DAN BIAYA

    Pengertian dan Periode Produksi dan Biaya
    Ø  Teori Produksi
    Teori produksi adalah teori yang menjelaskan hubungan antara kuantitas produk dan faktor-faktor produksi yang digunakan
     --------------------------------------------------------------------------

    PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

    Jumlah output yang diproduksi perusahaan agar mencapai laba maksimal adalah pada saat MR=MC.Ekstrim pertama, perusahaan berada dalam pasar persaingan sempurna (perfect competition), dimana jumlah perusahaan begitu banyak dan kemampuan setiap perusahaan sangat kecil untuk mempengaruhi harga pasar.
      -------------------------------------------------------------------------

    Pasar Monopoli

    Pasar monopoli merupakan struktur pasar yang berlawanan ciri- cirinya dengan pasar persaingan sempurna. Didalam pasar monopoli hanya terdapat 1 penjual (produsen)untuk suatu jenis barang tertentu. Barang yang dihasilkan tidak mempunyai barang pengganti (substitusi) yang sangat dekat. Pada umumnya produsen monopoli memperoleh laba melebihi normal karena adanya hambatan masuk kedalam pasar.
     ------------------------------------------------------------------------

    Jenis Penerimaan

    Jenis-jenis Penerimaan
    1. Total penerimaan (Total revenue : TR), yaitu total penerimaan dari hasil penjualan.Pada pasar persaingan sempurna, TR merupakan garis lurus dari titik origin, karena harga yang terjadi dipasar bagi mereka merupakan suatu yang datum (tidak bisa dipengaruhi), maka penerimaan mereka naik sebanding (Proporsional) dengan jumlah barang yang dijual
     ------------------------------------------------------------------------

    Pasar persaingan monopolistik & Oligopoli

    Pasar persaingan monopolistik adalah suatu bentuk pasar yang didalamnya terdapat banyak penjual (produsen) yang menghasilkan produk yang coraknya berbeda satu sama lain. Model pasar persaingan monopolistic diperkenalkan pertama kali pada tahun 1933 oleh Chamberlin dan Joan Robinson.
     ------------------------------------------------------------------------

    2 komentar:

    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    2. setiap transaksi perdagangan dalam ekonomi pasti terdapat suatu permintaan (demand), penawaran (supply), harga dan kuantitas akan suatu barang atau jasa yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Permintaan dan penawaran akan saling bertemu dan akan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). kata kerja imperatif Soko Guru Demokrasi Universal Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Pancasila contoh majas pengertian kata kerja material Jelaskan kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka Negara penghasil timah terbesar di dunia Pengertian Desentralisasi Circular Flow Diagram Umpan Ikan Mas


      BalasHapus