Minggu, 20 Januari 2013

Pasar Monopoli

Pasar monopoli merupakan struktur pasar yang berlawanan ciri- cirinya dengan pasar persaingan sempurna. Didalam pasar monopoli hanya terdapat 1 penjual (produsen)untuk suatu jenis barang tertentu. Barang yang dihasilkan tidak mempunyai barang pengganti (substitusi) yang sangat dekat. Pada umumnya produsen monopoli memperoleh laba melebihi normal karena adanya hambatan masuk kedalam pasar. Adapun ciri- ciri pasar monopoli adalah sebagai berikut:
1. Hanya ada satu penjual (produsen)
Dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual (produsen) untuk satu jenis barang tertentu. Artinya konsumen tidak dapat memperoleh barang tersebut dari produsen lain, karena barang yang diproduksi tidak terdapat hubungan substitusi yang sangat dekat dengan barang yang lain.
2. Penjual dapat mempengaruhi harga pasar (penjual sebagai price maker)
Sebagai satu- satunya pelaku di dalam pasar monopoli, produsen tentunya dapat mempengaruhi atau menentukan harga barang yang dihasilkan (price maker) dengan memperhatikan jumlah barang yang dihasilkan. Oleh karena itu, kurva permintaan yang dihadapi berlereng negatif.
3. Terdapat hambatan untuk masuk (barriers to entry) ke pasar
Hambatan untuk masuk (barriers to entry) ke pasar monopoli merupakan ciri- ciri yang mutlak pada pasar monopoli, karena tanpa hambatan masuk jumlah produsen menjadi lebih dari satu. Hambatan untuk masuk dapat berupa hambatan teknis dan hambatan hukum.
Faktor- faktor yang menyebabkan terjadinya monopoli
1. Produsen pada pasar monopoli mempunyai sumberdaya yang unik dan tidak dimiliki produsen lain.
2. Produsen pada pasar monopoli dapat menikmati economies of scale.
3. Produsen pada pasar monopoli diberi hak monopoli oleh pemerintah melalui undang- undang.

1 komentar:

  1. makasih gan....

    membantu buat belajar saya ne gan..

    mebel jepara

    http://meliamebel.com/

    BalasHapus